Aman Berolahraga saat Puasa bagi Penderita Diabetes

Aman Berolahraga saat Puasa bagi Penderita Diabetes

Aman Berolahraga saat Puasa bagi Penderita Diabetes

Seorang penderita diabetes harus rajin berolahraga agar kadar gula darahnya tetap terjaga. Namun, bagaimana pada saat berpuasa?  Aman Berolahraga saat Puasa bagi Penderita Diabetes bukanlah hal sulit.  Yang terpenting adalah keinginan untuk selalu menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan fit selalu.

Penderita Diabetes yang berpuasa tetap dapat berolah raga dan tanpa rasa khawatir.  Tapi yang perlu diperhatikan adalah untuk tetap melakukan pengecekan kadar gula darah. Jangan berolah raga apabila kadar gula darah tidak normal.

Porsi olahraga bagi penderita diabetesi tidak boleh disamakan dengan orang normal, terutama ketika berpuasa. Porsi olahraga harus dikurangi karena aktifitas fisik yang berlebihan saat berpuasa dapat memicu terjadinya hipoglikemia yang tentu saja berbahaya bagi seorang diabetesi.

Olahraga sebaiknya dilakukan di dalam ruangan dan hindari berolahraga 1-2 jam sebelum berbuka karena dapat menyebabkan penurunan kadar gula darah.

Waktu yang baik untuk melakukan olahraga adalah beberapa saat setelah makan utama buka puasa. Pada waktu tersebut, kondisi gula darah berada pada kondisi normal.

Bahkan seorang penderita diabetes dapat menjadikan sholat tarawih sebagai salah satu bentuk aktifitas fisik karena tubuh terus bergerak, yang artinya kalori terbakar.

Setelah berolahraga, jangan lupa untuk mengecek kembali kadar gula darah anda serta meminum air mineral secukupnya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Article Directory Software