Antioksidan bagai Pisau bermata Dua, mari Telaah lebih lanjut

Antioksidan bagai Pisau bermata Dua, mari Telaah lebih lanjut

Antioksidan bagai Pisau bermata Dua, mari Telaah lebih lanjut

Dari berbagai sumber informasi yang diperoleh terlihat bahwa hasil penelitian dan pengamatan selama ini menunjukan radikal bebas dan SOR (spesies oksigen reaktif) di satu sisi serta antioksidan di sisi lain adalah sama bagaikan pisau bermata dua.  Masing-masing mempunyai nilai positif dan nilai negatif sekaligus.  Inilah mengapa Antioksidan bagaikan Pisau bermata Dua, dan perlu kiranya kita telaah lebih lanjut.

Laporan akhir menunjukkan bahwa SOR ternyata juga mempunyai fungsi protektif. SOR merupakan mediator penting dalam menangkap kuman, benda asing dari tubuh, pencahar keracunan bahkan sebagai penjinak sel kanker. Konsumsi antiokasidan berlebihan dapat menganggu kerja SOR.

Peran kontroversi dari antioksidan nampak pada hasil penelitian seperti yang dilaporkan oleh Aruoma dkk (1992, 1993) yang menunjukkan bahwa beberapa antioksidan phenolik dapat meningkatkan kerusakan oksidasi pada DNA, protein dan karbohidrat in vitro. Sementara itu, Yen (1997) melaporkan bahwa polifenol teh ternyata juga mempunyai efek pro-oksidan pada fase air walau selama ini lebih dianggap sebagai antioksidan.

Beberapa hasil penelitian lain menunjukkan bahwa jumlah penambahan antioksidan yang berlebihan akan menyebabkan dampak terbalik dari fungsi antioksidan yang diharapkan seperti halnya pada sifat antiproliferasi sel kanker. Data lain menunjukkan variasi hasil pengamatan secara in vivo (percobaan di dalam tubuh mahkluk hidup) dan in vitro (di luar mahkluk hidup) .

Namun demikian, masih dipercaya bahwa antioksidan memberikan pengaruh positif bagi kesehatan tubuh. Tambahan antioksidan dari luar tubuh dalam bentuk asupan pangan setiap hari mungkin merupakan jalan yang lebih bijaksana guna mencegah masukkan antioksidan yang berlebihan ke dalam tubuh. Asupan dalam dosis besar sekaligus seperti halnya suplemen, seharusnya lebih diperlukan bagi mereka yang pada kehidupan kesehariannya banyak terkena resiko paparan radikal bebas dan SOR yang tinggi. Yang lebih untung lagi adalah kita tak mendapatkan pengurangan tingkat kenikmatan karena ketengikan atau perubahan sensori lain yang disebabkan oleh reaksi oksidasi ini.

Antioksidan bagaikan Pisau bermata Dua

Antioksidan bagaikan Pisau bermata Dua

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Article Directory Software