Apa Pentingnya mengurangi Gula bagi Penderita Diabetes?

Pentingnya mengurangi Gula bagi Penderita Diabetes

Pentingnya mengurangi Gula bagi Penderita Diabetes

Siapakah yang tidak suka dengan gula? Karena sejak kecil pun setiap orang sudah disuguhi dengan makanan yang berasa manis atau mengandung gula.  Gula adalah jenis pelengkap makanan yang menyenangkan di lidah.  Namun jika Anda mengalami gangguan sakit berupa diabetes, perlu kiranya bijaksana dalam mengkonsumsi gula.  Mengapa pentingnya mengurangi konsumsi gula, terlebih bagi Penderita Diabetes?.  Bukan hal yang sulit dimengerti saat ini jika penderita diabetes adalah orang yang mempunyai kelebihan kadar gula dalam darah dan sangat berbahaya.  Dikutip dari klikdokter.com berikut beberapa hal yang perlu dicermati akibat dari konsumsi gula.

  1. Gula menyebabkan adiksi seperti halnya heroin, yang menstimulasi otak. Ini berdampak pada perasaan  “ketagihan untuk mengkonsumsi gula lagi”.
  2. Risiko Kanker karena kelebihan Gula, sebab meningkatnya potensi obesitas.
  3. Gula buruk untuk Jantung, bahwa gula yang tinggi akan membentuk kadar trigliseridayang tinggi dan mengurangi kadar HDL (high density lipoprotein kolestrol baik).
  4. Menjadikan Tubuh Gemuk, karena penumpukan lemak perut
  5. Gula dapat merusak Hati, sebab timbulnya fatty liver (Hati Berlemak)
  6. Gula meningkatkan resiko batu ginjal. Satu gelas minuman manis dalam sehari dapat meningkatkan risiko batu ginjal sebanyak 25%.
  7. Gula buruk untuk senyuman, sebab rusaknya gigi.
  8. Terlalu banyak gula memicu jerawat, sebab produksi minyak yang meningkat dan memperburuk kondisi jerawat.
  9. Gula menyebabkan keriput. Gula dapat memecah kolagen dan elastin, yaitu kumpulan protein yang membuat kulit menjadi kenyal dan kencang.
  10. Gula menyebabkan perasaan lapar. Studi oleh Yale School of Medicine menyebutkan bahwa glukosa dapat menekan bagian otak kita yang membuat kita ingin makan, namun fruktosa mengakibatkan sebaliknya. Fruktosa (gula) memicu keadaan makan berlebih dengan cara menghilangkan kemampuan kita untuk menekan rasa lapar.

Melihat begitu banyaknya risiko dengan konsumsi gula berlebih, maka American Heart Association (AHA) menganjurkan tidak mengkonsumsi lebih dari 6 sendok teh gula dalam sehari (100 kalori) bagi perempuan dan 9 sendok teh (150 kalori) bagi pria.  Gula adalah manis dan dapat meningkatkan stamina dalam sekejap, namun demikian perlu kiranya Anda bijaksana mengkonsumsi gula terlebih bagi Penderita Diabetes.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Article Directory Software