Apakah Betul Penderita Diabetes Tidak Boleh Mengkonsumsi Makanan Enak?

Apakah Betul Penderita Diabetes Tidak Boleh Mengkonsumsi Makanan Enak

Apakah Betul Penderita Diabetes Tidak Boleh Mengkonsumsi Makanan Enak

Makan dengan benar adalah kunci untuk menghindari atau mengkontrol diabetes. Olahraga sangat penting, tapi pola makan memiliki dampak paling besar apabila anda ingin menurunkan berat badan. Sementara itu pola makan anti diabetes ternyata sama saja seperti pola diet pada umumnya, yang berlaku juga bagi mereka yang tidak menderita diabetes.  Apakah betul penderita diabetes tidak boleh mengkonsumsi makanan enak?

Pola makan anti diabetes pada dasarnya pola makan sehat yang tinggi nutrisi, rendah lemak, dan kalori cukup. Pola makan seperti ini berlaku bagi siapa saja, hanya saja untuk penderita diabetes harus memperhatikan pilihan makanan, terutama jumlah karbohidrat yang dikonsumsi.

Berikut beberapa Mitos dan Fakta akan diabetes dan pola diet:

  • Mitos: Anda harus sama sekali tidak mengkonsumsi gula.
  • Fakta: Anda tetap boleh mengkonsumsi gula, tapi dalam jumlah yang terukur. Barengi dengan olahraga.
  • Mitos: Diet tinggi protein paling baik.
  • Fakta: Banyak penelitian membuktikan bahwa memakan protein terlalu banyak, terutama protein hewani, dapat menyebabkan insulin resistensi, salah satu faktor kunci pada diabetes. Pola diet sehat harus mencakup protein, karbohidrat dan lemak. Kuncinya adalah pola diet seimbang.
  • Mitos: Anda harus mengurani karbo secara drastis.
  • Fakta: Sekali lagi, kuncinya adalah pola diet seimbang. Penting untuk mencermati jumlah dan tipe karbohidrat yang dikonsumsi. Perbanyak karbohidrat dari gandum, yang merupakan sumber serat dan diserap lama oleh tubuh, menjaga kadar gula seimbang.
  • Mitos: Anda tidak dapat lagi makan normal.
  • Fakta: Makanan khusus diabetes biasanya mahal dan tidak memberikan keuntungan khusus. Anda tetap bisa menikmati makanan bersama teman dan keluarga, asalkan dalam proporsi yang tepat.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Article Directory Software