Benarkah Penyakit Diabetes dapat menyebabkan Kebutaan? Bagaimana Anda mencegahnya?

Benarkah Penyakit Diabetes dapat menyebabkan Kebutaan

Benarkah Penyakit Diabetes dapat menyebabkan Kebutaan

Apakah Anda mengidap Diabetes atau ada keluarga yang mengalami penyakit diabetes ini?.  Jika memang demikian maka ada baiknya Anda segera mengingatkan diri untuk memeriksa kesehatan mata.  Disinyalir oleh dr. jessica florencia dari klikdokter.com, bahwa penderita diabetes mempunyai risiko penyakit Retinopati Diabetik yang dapat berujung pada kebutaan.  Penyakit Diabetes berpotensi menyebabkan Kebutaan, benarkah?

Retinopati Diabetik ini dapat terjadi pada seluruh penderita diabetes dan semakin meningkat risikonya pada kategori penderita berikut ini:

  1. Penderita sakit yang sudah lama menderita diabetes.
  2. Penderita diabetes yang gula darahnya sering tidak terkontrol.

Gejala paling umum yang sering terjadi pada penderita Retinopati Diabetik berikut ini dapat Anda jadikan acuan untuk semakin sering memeriksakan kesehatan mata:

  1. Penurunan ketajaman penglihatan, sehingga Anda atau penderita tidak dapat dengan jelas melihat benda atau hanya berbentuk bayangan.
  2. Penglihatan kabur
  3. Penglihatan dengan bintik-bintik hitam
  4. Wilayah hitam dalam area lapang pandang penglihatan
  5. Sulitnya penderita dengan persepsi warna, yakni gangguan persepsi warna kuning-biru

Namun demikian, sebenarnya yang paling membahayakan adalah, penyakit ini tidak memberikan gejala yang tampak diawal, bahkan dapat memberikan ancaman kebutaan seketika, dan terjadi pada kedua mata.  Terjadinya kebutaan mendadak ini dikarenakan hal berikut:

  1. Pembuluh Darah yang pecah pada lapisan penerima penglihatan (retina) di mata
  2. Perembesan cairan di daerah penerima penglihatan untuk penglihatan tajam (makula)

Untuk mencegah terjadinya kebutaan karena diabetes retinopati, penderita diabetes perlu menjaga agar gula darahnya tetap dalam batas normal dan terkontrol serta rutin melakukan pemeriksaan mata minimal 1 tahun sekali.

Namun, bila, diabetes retinopati telah terjadi, maka Anda perlu segera mengunjungi dokter untuk mengetahui derajat keparahan penyakit dan menentukan jenis penanganan yang paling sesuai.  Benarkah Penyakit Diabetes dapat menyebabkan Kebutaan?, semua kembali bagaimana Anda menangani dan mengelola Diabetes.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Article Directory Software