Cara agar dapat Tidur Nyenyak setelah Olahraga

Tidur Nyenyak setelah Olah Raga

Tidur Nyenyak setelah Olah Raga

Umumnya orang berolahraga pada pagi hari atau seusai beraktivitas di kantor lalu menyempatkan diri mampir ke gym di sore hari. Namun bagaimana dengan berolahraga sebelum tidur? Menurut Christopher Colwell, ahli syaraf dan profesor psikiatri di David Geffen School of Medicine, Universitas California, Los Angeles, berolahraga sebelum tidur memberikan efek yang baik bagi tubuh.  Inilah Cara agar dapat Tidur Nyenyak setelah Olahraga.

Colwell yang mempelajari tentang neuribiologi tidur mengungkapkan bahwa banyak orang percaya dengan berolahraga sebelum tidur akan membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Sayangnya secara ilmiah pendapat ini belum diteliti secara mendalam. Untuk itu dia hanya menyarankan latihan kardio ringan seperti berjalan santai atau yoga.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukannya Colwell menggunakan tikus sebagai objek karena memiliki kemiripan dengan manusia. Berdasarkan percobaan yang dilakukannya ditemukan bahwa tikus yang melakukan aktivitas lama sebelum jam tidur cenderung gelisah dan tidak dapat tidur nyenyak. Efek ini juga ternyata dialami manusia meski tidak semua orang.

“Ada beberapa orang yang mampu melakukan latihan kardio berat dan tetap bisa tidur nyenyak, namun ada pula yang lebih baik melakukan latihan kardio ringan,” ujar Colwell.

Colwell mengatakan bahwa masing-masing orang memiliki respon yang berbeda terhadap aktivitas fisik yang dilakukan sebelum tidur. Untuk itu ia menyarankan agar orang mampu mengenali jam biologis dan kebiasaan fisiknya sehingga dapat menentukan latihan mana yang tepat untuknya. “Jika tidak terbiasa dengan latihan kardio berat justru nanti akan kesulitan tidur selama dua atau tiga jam,” imbuhnya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Article Directory Software