Cara Duduk Tegap Anda dapat Mencegah Kifosis

duduk tegap untuk hindari kifosis

duduk tegap untuk hindari kifosis

Banyak yang beranggapan jika bentuk tubuh yang bungkuk merupakan efek dari pertambahan usia tua. Namun sebenarnya bentuk tubuh tersebut diakibatkan oleh kebiasaan duduk, berjalan, atau berdiri yang kurang tepat.  Kebiasaan Anda yang berlangsung lama banyak berpengaruh pada postur tubuh, satu diantaranya adalah Kifosis atau Bungkuk.  Yakni berubahnya struktur bentuk tulang punggung karena cara Anda membawa beban tubuh yang tidak seimbang.  Cara duduk Tegap Anda dapat mencegah Kifosis terjadi, dan ini sering terlupakan banyak orang.

Bentuk tubuh bungkuk atau yang biasa disebut Kifosis ini terdiri dari dua jenis.

Pertama adalah Kifosis Fungsional yaitu jenis bungkuk yang masih dapat disembuhkan. Pada jenis kifosis ini masih ada kemungkinan bagi Anda untuk kembali berpostur tegap.

Kedua adalah jenis Kifosis Struktural yang hanya bisa dicegah namun tubuh tidak bisa kembali tegap. Karena merupakan faktor bawaan dari bentuk tubuh Anda.

Untuk Kifosis Fungsional agar kembali ke bentuk semula perlu dilakukan terapi. Salah satunya dengan melakukan olahraga air seperti berenang, mengapung, dan berjalan di atas air. Olah raga dalam air mempunyai keleluasaan bergerak, sehingga proses terapi tulang dapat lebih fleksibel, dan Anda tidak perlu takut cedera terbentur benda keras.

Beberapa gerakan dalam gaya berenang dapat menarik bahu dan tulang punggung sehingga menjadi lebih tegap. Misalnya saja dengan gaya kupu-kupu atau gaya dada. Gerakan lain yang sederhana adalah dengan berjalan di atas air untuk memperbaiki postur tubuh. Tekanan Air yang besar mampu memperkuat struktur otot dan tulang Anda.

Olahraga air dapat mengatasi kifosis fungsional karena tekanan dalam air dapat “memaksa” postur tubuh menjadi tegap. Tubuh yang bungkuk pun mau tak mau akan dengan sendiri menjadi tegap karena akan sulit bergerak di dalam air apabila bentuk tubuh membungkuk. 

Untuk menghindari kifosis fungsional ini tidak sulit, cukup dengan kebiasaan baik yaitu duduk dengan tegap. Sebisa mungkin menghindari postur duduk tidak tegak, terlalu banyak membungkuk, dan tidak menarik bahu. Bahkan bagi orang sakit yang menghabiskan waktu di tempat tidur terlalu lama pun bisa terkena kifosis jenis ini.

Agar  selalu ingat untuk memasang postur tegap setiap Anda bergerak, Anda bisa mulai mengingatkan diri Anda sendiri. Tempelkan post it pada layar komputer atau pasang wallpaper pada ponsel Anda yang mengingatkan untuk duduk tegak menarik bahu dan perut serta membusungkan dada. Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan?

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Article Directory Software