Cara Mengajarkan Anak tentang Diabetes Tipe 1

Cara Mengajarkan Anak tentang Diabetes Tipe 1

Cara Mengajarkan Anak tentang Diabetes Tipe 1

Jumlah penderita diabetes di seluruh dunia terus meningkat setiap tahunnya. Tidak hanya pada orang dewasa tapi juga pada anak-anak. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Departemen Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Penderita Diabetes anak-anak naik sebanyak 400 persen dalam waktu 2 tahun.  Peningkatan yang tinggi ini sangat menakutkan banyak orang tua.  Namun seringkali yang timbul justru kepanikan berlebihan.  Padahal dengan metode yang benar, anak penderita diabetes dapat hidup mandiri.  bagaimana Anda sebagai orang tua dapat tahu Cara Mengajarkan Anak tentang Diabetes Tipe 1.

Ada istilah 5 M yang harus orang tua ajarkan pada anak Penderita Diabetes:

Memahami dosis insulin

Ajarkan anak tentang dosis insulin yang mereka butuhkan dan kapan mereka harus menyuntikkannya. Jelaskan juga pada anak apa yang dapat terjadi apabila mereka kelebihan atau kekurangan insulin. Dengan begini, anak akan memasukkan insulin dalam jumlah yang tepat.  Dan anak-anak paham mengenai manfaat apa yang mereka lakukan tersebut, bukan semata-mata karena perintah orang tua.

Mengecek kadar gula darah

Ajarkan anak untuk selalu mengecek kadar gula darah sebelum makan dan tidur. Hal ini sangat diperlukan terutama pada anak yang memiliki resiko tinggi hipoglikemia. Anak-anak juga harus diajarkan menggunakan alat ukur gula darah sehingga mereka dapat melakukan pengecekan sendiri.

Mengelola kadar gula darah yang rendah

Jelaskan kepada anak tentang kadar gula darah rendah atau hipoglikemia. Beri tahu mereka tentang gejala-gejalanya, seperti pusing, sakit kepala, mudah marah, penglihatan ganda, dan rasa lemas. Jika mereka mengalami hal-hal tersebut, suruh mereka untuk segera mengkonsumsi makanan atau minuman manis seperti madu, permen, soda atau jus. Tapi jangan berlebihan, konsumsi gula hanya 10 – 15 gram untuk glukosa darah lebih dari 80 mg / dl.

Makan secara benar

Minta dokter atau ahli gizi untuk membantu membuat jadwal makan yang seimbang. Bersama anak, buatlah rinciannya sehingga ia mengetahui apa yang boleh dimakan dan kapan. Ajarkan dia untuk membuat makanan sendiri di rumah karena hal tersebut jauh lebih baik dibandingkan membeli makanan di luar.

Menggerakkan tubuh

Aktivitas fisik dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Ajarkan anak untuk rutin berolahraga sedini mungkin sehingga mereka dapat menjaga metabolisme tubuh tetap normal. Orang tua juga perlu mengawasi dan membantu anak membuat jadwal dan bentuk olahraga yang sesuai untuk menghindari terjadinya hipoglikemia. Anak juga harus memeriksa kadar glukosa darah mereka sebelum mereka mulai berolahraga. Jika glukosa darah mereka rendah, mereka harus memiliki snack karbohidrat dan duduk sampai glukosa darah mereka kembali ke level normal (lebih dari 80 mg / dl).

Diabetes Tipe 1 atau yang merupakan faktor genetik masih dapat diatasi dengan penanganan yang baik.  Sebagai orang tua yang peduli Anda perlu tahu Cara Mengajarkan Anak tentang Diabetes Tipe 1 itu sendiri.  Pada akhirnya mereka akan mandiri dan semoga dapat tetap sehat, fit dan bugar.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Article Directory Software