Cara Menghindari Diabetes dengan Angkat Beban

Menghindari Diabetes dengan Angkat Beban

Menghindari Diabetes dengan Angkat Beban

Aktivitas fisik seperti angkat beban sangat tidak dianjurkan bagi Penderita Diabetes. Pasalnya latihan ini sangat rentan menimbulkan cedera yang sebaiknya dihindari bagi penderita diabetes. Namun latihan angkat beban justru disarankan bagi pria yang ingin menurunkan risiko diabetes.  Cara Menghindari Diabetes dengan Angkat Beban ini sudah diteliti lebih jauh secara ilmiah.

Penelitian terhadap 32.000 orang Amerika yang dilakukan pada 1990 – 2008 menunjukkan bahwa efek gaya hidup pria pada masa itu berisiko terkena diabetes tipe 2. Pada penelitian sebelumnya ditemukan bahwa orang yang melakukan olahraga aerobik mampu menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2.

Ketua penelitian Anders Grontved dari University of Southern Denmark mengatakan bahwa angkat beban dapat dijadikan alternatif pilihan olahraga yang memberikan manfaat setara dengan aerobik.

Anders menambahkan bahwa padatnya aktivitas orang membuat waktu yang dimilikinya sangat terbatas untuk melakukan latihan olahraga aerobik. Padahal jika rutin melakukannya akan dapat menekan risiko terkena diabetes.

Jika orang lebih memilih latihan angkat beban untuk menggantikan gerakan aerobic, tentu harus dilakukan dengan waktu  yang  lebih lama. Selain itu olahraga ini bisa dilakukan tanpa membutuhkan tempat yang  luas. Apabila dilakukan secara teratur, latihan angkat beban dapat mengurangi risiko diabetes pada pria hingga 34 persen.

Anders juga menambahkan apabila ingin menekan risiko terkena diabetes tidak hanya menjaga kondisi fisik. Anda juga harus terbiasa mengonsumsi makanan sehat tinggi serat. Menjaga tubuh dari obesitas dapat menjadi salah satu trik terbebas dari risiko diabetes.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Article Directory Software