Cara mudah Kontrol Diabetes sejak Dini

cara mudah kontrol diabetes sejak dini

cara mudah kontrol diabetes sejak dini

Tahukah Anda jika Indonesia termasuk salah satu negara dengan jumlah penderita diabetes terbanyak? Menurut data IDF (International Diabetes Federation), Indonesia adalah negara urutan ke-10 dalam hal jumlah penderita diabetes pada tahun 2011 di dunia dan naik menjadi peringkat ke-7 pada tahun 2012. Tentunya, fakta ini cukup mengagetkan, bukan?  Nah untuk itulah mengapa Anda perlu tahu Cara mudah Kontrol Diabetes sejak Dini.

Diabetes telah menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti dan paling mematikan saat ini.  Kondisi ini perlu disikapi dengan bijaksana dan penuh dengan kesabaran.  Oleh karena itu, pencegahan dan pengelolaan diabetes sejak dini merupakan hal yang penting untuk dilakukan.

Before Diabetes is Pre-Diabetes

Sebelum lebih lanjut mencegah atau mengontrol Diabetes, perlu kiranya kita pahami kembali bahwa Diabetes dapat ditimbulkan karena faktor genetik maupun faktor gaya hidup karena pola makan tidak sehat.  Faktor genetik perlu sangat diwaspadai karena memang kadar gula darah Anda sudah cukup tinggi, meski belum masuk kategori Diabetes.  Inilah yang disebut dengan kondisi Pre-Diabetes.

Ketika hasil cek gula darah Anda menunjukkan kadar nilai gula darah puasa adalah 100-125 mg/dL dan nilai toleransi glukosa oral mencapai 140-199 mg/dL, kondisi inilah yang disebut sebagai Pre-Diabetes. Pre-Diabetes adalah ketika kadar gula darah cukup tinggi namun belum dapat dikatakan menderita Diabetes. Ketika Anda dalam kondisi, Pre-Diabetes, Anda dapat menurunkan kembali kadar gula darah menjadi batas normal kembali. Selain, kadar gula darah, apakah ada pemeriksaan lain yang bisa Anda lakukan untuk kontrol diabetes Anda?

Introducing: ABC Health Check
Perkenalkan, ABC Health Check! Dengan pemeriksaan praktis ini, Anda dapat mengetahui kondisi kesehatan Anda terkini, dan bukan hanya resiko Diabetes, tapi juga resiko sakit Jantung atau Darah Tinggi yang bisa saja saling berkomplikasi dengan Diabetes atau penyakit lainnya.

  1. A1C Hemoglobin Test
    o Test ini memberikan indikasi yang akurat mengenai rata-rata kadar gula darah selama 2-3 bulan terakhir
    o Test ini berfungsi untuk mengukur persentase hemoglobin yang terikat dengan glukosa, semakin banyak glukosa yang terikat pada hemoglobin, maka kadar gula darah akan semakin tinggi.
    o Kadar HbA1C yang lebih rendah dari 6.5% menandakan kadar gula darah normal.
  2. Blood Pressure Test
    Tekanan darah tinggi merupakan salah satu indikator penting untuk terhindar dari gangguan kesehatan seperti resiko penyakit jantung, stroke, dll. Tekanan darah yang normal adalah 110/70 mmHg sampai 120/80 mmHg.
  3. Cholesterol Test
    Kadar kolesterol yang terlalu tinggi dalam darah mengakibatkan penumpukan plak yang berujung pada penyumbatan arteri dan penyakit jantung. Hal inilah yang berakibat pada komplikasi penyakit yang tidak diinginkan di kemudian hari. Tabel berikut menunjukkan tabel jumlah masing-masing jenis kolesterol dan resiko nya terhadap penyakit jantung.

Jadi, mulai cegah dan kontrol diabetes sedari dini dan cek kondisi Anda dengan ABC Health Check!

ABC Health Check

ABC Health Check

referensi : idf.org

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Article Directory Software