Cara Mudah Menghindari Diabetes Tipe 2

Cara Mudah Menghindari Diabetes Tipe 2

Cara Mudah Menghindari Diabetes Tipe 2

Resiko diabetes tipe 2 sudah mencapai level mengkhawatirkan. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun saat ini banyak yang menjadi korban. Hal ini dipicu oleh gaya hidup masyarakat modern, dimana kita banyak mengkonsumsi makanan tinggi kalori dibarengi dengan berkurangnya aktivitas tubuh.  Sebenarnya, Banyak cara menghindari Diabetes Tipe 2 yang mudah dan sederhana.

Diperkirakan, misalnya, penderita diabetes di Amerika Serikat akan berjumlah sekitar 48 juta di tahun 2050.  Diabetes adalah penyakit paling mematikan nomor 6 di Amerika. Di negara-negara lain diabetes juga menjadi salah satu penyakit paling mengerikan.  Menghindari resiko diabetes, terutama diabetes tipe 2, tidaklah sulit. Harvard School of Public Health memberikan langkah-langkah sederhana agar terhindar dari diabetes, yaitu:

1.  Kontrol berat badan

Kelebihan berat badan sumber utama diabetes tipe 2. Kelebihan berat badan meningkatkan resiko diabetes tipe 2 hingga tujuh kali lipat. Orang yang obesitas bahkan memiliki resiko 20 hingga 40 kali lipat lebih besar dibandingkan mereka dengan berat badan normal.

2.  Bergeraklah

Kurang bergerak meningkatkan resiko diabetes tipe 2. Menggerakkan otot-otot tubuh lebih sering dan membuat mereka bekerja lebih keras meningkatkan kemampuan mereka untuk menggunakan insulin dan menyerap glukosa. Kondisi ini mengurangi beban sel-sel tubuh yang memproduksi insulin.

Banyak penelitian mengungkapkan bahwa berjalan cepat selama 30 menit tiap hari mengurangi resiko diabetes tipe 2 sebanyak 30 persen.

3.  Lakukan pola diet yang baik

Konsumsi lebih banyak produk-produk makanan berbasis gandum.  Kurangi minuman bergula.  Pilih lemak baik dan jauhi lemak buruk. Lemak baik ditemukan di makanan seperti minyak sayur dan kacang-kacangan. Sementara lemak buruk biasa ditemukan pada mentega, makanan cepat saji dan makanan kaleng.  Kurangi daging merah dan hindari daging olahan. Mereka yang sering mengkonsumsi daging merah memiliki resiko 20 persen lebih besar terkena diabetes tipe 2.

4.  Berhenti merokok

Diabetes tipe 2 menjadi salah satu penyakit yang bisa menyerang perokok, selain penyakit-penyakit lain. Perokok memiliki resiko diabetes tipe 2 sebanyak 50 persen lebih besar dibandingkan orang yang tidak merokok.

5.  Alkohol ternyata bisa membantu

Walau mungkin dianggap sebagai minuman haram, namun ternyata mengkonsumsi minuman alkohol secara moderat dapat mengurangi resiko terkena diabetes tipe 2. Konsumsi alkohol secara moderat meningkatkan efisiensi insulin untuk masuk ke dalam sel-sel tubuh. Namun begitu, bagi yang tidak suka mengkonsumsi alkohol tidak perlu memulainya. Anda tetap dapat mendapatkan manfaat yang sama dengan mengurangi berat badan, olahraga dan mengubah pola diet.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Article Directory Software