Ingin Sehat? Ikuti Pola Makan Ini untuk Tubuh Fit dan Bugar

Ikuti Pola Makan Sehat untuk Fit dan Bugar

Ikuti Pola Makan Sehat untuk Fit dan Bugar

Banyak orang tidak menyadari kalau makanan dapat menjadi salah satu penyebab penyakit yang bersarang di tubuh. Padahal hampir semua jenis penyakit dipicu dari asupan makanan yang dikonsumsi. Terlebih bagi penderita diabetes, akan sangat bijak apabila memperhatikan setiap asupan makanan untuk menjaga kesehatan.  Jika Anda Ingin Sehat, ikutilah Pola Makan ini agar tubuh Fit dan Bugar.

Dr Sanjiy Bhambani dari Moolchand Medcity, India mengutarakan bahwa pola makan dapat menentukan seberapa tinggi kadar gula dalam darah. Bahkan pola makan yang benar dapat membantu penderita diabetes mengontrol kadar gula dalam darah tanpa harus mengonsumsi obat.

Pola makan sehat bagi penderita diabetes dapat terdiri dari serat, susu tanpa krim, buah-buahan segar, dan kombinasi sayuran hijau yang baiik bagi metabolisme tubuh.

Berikut ini adalah Pola Makan untuk tubuh lebih Fit dan Bugar yang disarankan oleh beberapa ahli untuk menghindari kadar gula yang meningkat akibat pola makan yang tidak tepat.

  • Konsumsi Jus Tomat dengan garam dan merica setiap pagi saat sebelum mengonsumsi makanan apapun.
  • Batasi kalori harian sekitar 1.500 – 2000 dengan skala 60:20:20 untuk karbohidrat, lemak dan protein.
  • Penyuka makanan manis? Anda boleh mengkonsumsi kue dan permen dengan kandungan gula namun jangan berlebihan. Ingat, Anda sedang menjalani pola makan sehat untuk menghindari naiknya kadar gula dalam
  • Jangan hindari sarapan, makan siang, dan makan malam Anda. Rencanakan pola makan di tiga waktu ini dengan baik dan konsultasikan dengan dokter Anda untuk memilih menu sehat berimbang.
  • Karena penderita diabetes seringkali mudah lelah, jangan tinggalkan air putih sebagai teman Anda sehari-hari. Konsumsi air putih sesering mungkin.
  • Perbanyak konsumsi buah dan sayuran, namun pilih dengan cermat mana yang tidak akan mempengaruhi kadar gula.
  • Jika Anda menyukai alkohol, sebaiknya mulai tinggalkan kebiasaan Anda itu.
  • Dalam sehari konsumsi 6 biji Kacang Almond yang sudah direndam dalam air semalaman.

Beberapa pendapat mengutarakan bahwa jika menderita diabetes, lebih baik menjalani diet vegetarian, artinya mengonsumsi sayuran hijau dan buah saja. Namun Bhambani mengutarakan hal tersebut tidak harus dilakukan karena makanan seperti ikan dan ayam masih baik dikonsumsi penderita diabetes.  Daging merahlah yang sebaiknya dihindari karena mengandung banyak lemak.  Ingin sehat? Awasi Pola Makan Anda dari sekarang ya. Anda adalah apa yang Anda makan, jadi berhati-hatilah.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Article Directory Software