Inilah cara Orangtua mencegah Anak-anak menderita Diabetes

Ini Cara Orangtua agar Anak Mereka Tidak Menderita Diabetes

Ini Cara Orangtua agar Anak Mereka Tidak Menderita Diabetes

Diabetes sudah menjadi fenomena dalam satu dekade terakhir. Jumlah penderita diabetes semakin meningkat dari tahun ke tahun. Di banyak negara, termasuk di Indonesia, diabetes menjadi salah satu penyakit paling mematikan.  Inilah cara orangtua mencegah anak-anak menderita diabetes.

Seperti yang sudah kita ketahui, ada dua macam jenis diabetes, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Pada dasarnya diabetes adalah penyakit yang menganggu sistem di dalam tubuh dalam menggunakan glukosa, jenis utama gula di dalam darah. Glukosa kita dapatkan dari makanan yang kita konsumsi dan merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Untuk menggunakan glukosa, tubuh membutuhkan hormon insulin.

Tubuh para penderita diabetes tidak dapat memproduksi insulin atau insulin tidak bekerja seperti seharusnya.

Anak kecil pun tidak luput dari ancaman diabetes. Untuk menghindari ini, orangtua harus melakukan langkah-langkah penting agar anak mereka terbebas dari gangguan diabetes.

Menghindari Diabetes Tipe 1 pada Anak

Diabetes tipe 1 sesungguhnya tidak bisa dihindari. Kita tidak dapat memprediksi siapa yang akan menderitanya dan siapa yang tidak. Namun begitu para ahli berpendapat bahwa ini merupakan bawaan dari gen. Tapi itu saja tidak cukup, seorang anak biasanya akan terekspos oleh sesuatu yang lain terlebih dahulu sebelum akhirnya mengidap diabetes tipe 1 ini, misalnya virus.

Walau mungkin tidak dapat dihindari, namun beberapa penelitian telah menyebutkan bahwa pemberian ASI sedari dini dapat mengurangi resiko seorang anak terkena diabetes tipe 1.

Menghindari Diabetes Tipe 2 pada Anak

Di masa lalu diabetes jenis ini diderita oleh orang dewasa, namun perubahan gaya hidup masyarakat modern telah membuat anak-anak pun dapat menderita penyakit ini.

Tidak seperti tipe 1, diabetes tipe 2 relatif lebih bisa dihindari. Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh orangtua kepada anak mereka untuk mengurangi resiko terkena diabetes tipe 2:

  • Lakukan pola diet sehat kepada anak: Apabila anda orangtua yang bertanggungjawab, maka sedari kecil mereka harus dibiasakan mengkonsumsi makanan rendah lemah dan kaya nutrisi, seperti roti gandum, beras merah, buah dan sayuran.
  • Batasi gula dan minuman bersoda: Terlalu banyak mengkonsumsi gula dapat membuat anak anda kelebihan berat badan yang pada akhirnya meningkatkan resiko terkena diabetes tipe 2.
  • Dorong mereka untuk berolahraga: Anak-anak harus sering bergerak dan aktif, tidak menghabiskan berjam-jam di depan TV atau komputer. Tidak harus selalu olahraga, hal-hal sederhana seperti berjalan kaki secara rutin sudah cukup untuk mengurangi resiko.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Article Directory Software