Makanan Sehat ini akan Membantu Turunkan Kolesterol Anda

Makanan Sehat ini akan Membantu Turunkan Kolesterol Anda

Makanan Sehat ini akan Membantu Turunkan Kolesterol Anda

Makanan sehat dan pola hidup yang terjaga baik, akan membantu Anda berada tetap dalam kondisi fit dan bugar. Makanan serta pola hidup yang tidak sehat akan memberatkan kondisi tubuh sehingga berdampak pada banyaknya penyakit, seperti Hipertensi, Jantung, Kolesterol dan lainnya. Kolesterol adalah zat yang fungsinya penting bagi tubuh, merupakan zat lemak yang disebut lipid. Kadar lipid yang terlalu tinggi atau hiperlipidemia, sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan. Bagaimana dapat menjaga kadar Kolesterol tubuh, dimulai dengan memperhatikan Konsumsi Makanan Sehat, dan diharapkan dapat menurunkan Kolesterol pada kondisi Normal.

Standar pengukuran Angka Kolesterol dalam darah adalah kurang dari 200 mg/dL secara Total, dengan komposisi HDL antara 35 – 65 mg/dl dan LDL < 150 mg/dl. Dan bagi orang dengan kelebihan berat badan (obesitas), mempunyai Hipertensi, Diabetes, perlu melakukan pemeriksaan kadar kolesterol tubuhnya.

Cara Menurunkan Kadar Kolesterol

Konsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang menjadi langkah penting dalam mencegah atau menurunkan kolesterol. Kandungan lemak dalam makanan harus rendah. Cobalah mengganti konsumsi makanan Anda dengan jenis buah-buahan dan sayur-sayuran, serta sereal gandum. Hal ini akan menjaga kadar kolesterol tubuh tetap rendah. Gaya dan Pola hidup sehat juga bisa memberikan perubahan contohnya dengan tidak merokok dan melakukan olah raga secara rutin.

Jenis Makanan yang bermanfaat Menurunkan Kolesterol Tubuh Anda

Menurunkan Kolesterol dimulai dengan konsumsi makanan sehat yang kaya serat dan rendah lemak. Selain diimbangi dengan aktivitas olah raga rutin, makanan sangat berperan memperbaiki kadar lemak dalam darah.

1.  Oatmeal, Oat Bran dan Makanan Kaya Serat

Oatmeal mengandung serat larut, dan mampu mengurangi low-density lipoprotein (LDL) Anda, Kolesterol Jahat. Serat larut juga dapat ditemukan pada Kacang Merah, Buah Apel, Pir, Barley, dan Buah Prune. Serat larut akan mengurangi penyerapan kolesterol dalam darah. Lima sampai 10 gram serat larut setiap hari akan mengurangi Kolesterol Total dan LDL. 1,5 cangkir oatmeal memberikan 6 gram serat dan akan menambahkan 4 gram serat jika ditambahkan Pisang.

2.  Ikan dan Asam Lemak Omega-3

Ikan atau hewan daging putih terkenal dengan kandungan manfaat omega-3 nya yang berguna untuk jantung, mengurangi hipertensi dan pembekuan darah. Minyak Ikan yang dikenal bernama Omega-3 mampu mengurangi ririko kematian mendadak. Penelitian ilmiah menganjurkan konsumsi ikan minimal 2 porsi per minggu, dan ikan dengan kandungan Omega-3 yang tinggi diantaranya adalah Ikan Kembung, Trout, Sarden, Salmon.

3.  Kenari, Almond dan Kacang-kacangan

Jenis Kacang-kacangan dapat juga mengurangi kolesterol dalam darah. Kacang seperti Kenari kaya akan asam lemak tak jenuh ganda, dan membantu menjaga pembuluh darah tetap sehat. Konsumsi segenggam (1,5 ons, atau 42,5 gram) kacang setiap hari, seperti Kacang Hazelnut, Almond, Kacang Tanah, Kemiri dan Walnut, mampu menurunkan risiko Penyakit Jantung. Pastikan kacang yang dikonsumsi tidak asin atau dilapisi gula.

Semua jenis kacang-kacangan mengandung jumlah kalori yang cukup tinggi, sehingga perlu membatasinya agar tidak berdampak pada kenaikan berat badan. Kacang Kenari atau Almond dapat pula dijadikan pengganti keju atau daging di salad Anda.

4.  Minyak Zaitun

Minyak Zaitun mengandung campuran antioksidan potensial yang mampu menurunkan Kadar Kolesterol Jahat (LDL) tetapi meninggalkan Kolesterol Baik (HDL). 2 sendok makan (23 gram) minyak zaitun per hari cukup untuk mendapatkan manfaat kesehatan jantung. Minyak Zaitun dapat ditambahkan dalam tumis sayuran, campuran bumbu atau campuran cuka sebagai salad. Juga dapat sebagai pengganti mentega saat mengolesi daging atau roti.

Efek penurunan kolesterol dapat lebih besar jika Anda memilih minyak zaitun extra-virgin, yang berarti diproses secara minimal, karena mengandung lebih banyak antioksidan sehat bagi jantung.

Makanan adalah merupakan salah satu pangkal dari segala macam potensi penyakit, terutama jika Anda mengkonsumsi berlebih dan gaya hidup Anda pun tidak sehat. Kesehatan adalah warisan Anda dalam menjalani hidup lebih fit dan bugar, secara fisik dan mental. Turunkan kolesterol Anda dengan memilih dan memilah jenis makanan sehat setiap saat.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Article Directory Software