Mendapatkan Antioksidan dengan Pilihan Makanan yang Tepat

Mendapatkan Antioksidan dengan Pilihan Makanan yang Tepat

Mendapatkan Antioksidan dengan Pilihan Makanan yang Tepat

Pangan dengan kadar gula terkontrol dan kandungan antioksidan menjadi kombinasi sempurna bagi para diabetesi. DiabetaMil mampu memenuhi kebutuhan tersebut karena selain mengandung kromium yang membantu mengatur kadar gula darah, DiabetaMil juga dilengkapi dengan antioksidan seperti vitamin A, C dan E. Gaya hidup yang tepat merupakan cara yang ampuh untuk menjaga tubuh tetap sehat. Mulailah dari sekarang untuk mendapatkan Antioksidan dengan pilihan makanan yang tepat.

Studi epidemiologi (Hertog dkk, 1993) menunjukkan bahwa konsumsi pangan kaya akan antioksidan flavonoid termasuk polifenol dari teh (Mukhtar dan Ahmad, 2000) berbanding negatif dengan tingkat kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung koroner. Hasil dari beberapa pengujian secara in vitro (percobaan di luar tubuh mahkluk hidup) (Miura dkk, 1995; Yamanaka dkk, 1997; Yokozawa dkk, 1997) menunjukkan bahwa flavonoid teh dapat menghambat oksidasi oleh Cu2+(radikal inisiator) terhadap LDL hasil isolasi. Studi secara in vitro juga menunjukkan bahwa oksidasi pada LDL manusia dapat dihambat dengan keberadaan vitamin C dan E pada level fisiologis (Jialal dkk, 1990)

Sementara itu akan halnya kanker dan tumor, banyak diantara ilmuwan spesialis setuju bahwa penyakit ini berawal dari mutasi gen atau DNA sel. Perubahan pada mutasi gen dapat terjadi melalui mekanisme kesalahan replikasi dan kesalahan genetika yang berkisar antara 10-15%, atau faktor dari luar yang merubah struktur DNA seperti virus, polusi, radiasi, dan senyawa xenobiotik dari konsumsi pangan sebesar 80-85%. Radikal bebas dan reaksi oksidasi berantai yang dihasilkan jelas berperan pada proses mutasi ini.
Hasil penelitian pada pertengahan tahun 1980 yang menunjukkan bahwa beta-karoten mampu mengurangi resiko kanker paru-paru merupakan ide awal dari perhatian akan adanya keterkaitan antioksidan dalam penghambatan penyakit ini.

Mekanisme aktifitas antitumor atau kanker dengan senyawa kimia dapat melalui 3 cara yaitu:
1. Menghambat bioktifikasi karsinogenesis
2. Memblok jalur pembentukan sel ganas (blocking agent) seperti antioksidan
3. Menekan dan memanipulasi hormon (Okey dkk, 1998).

Aktivitas antioksidan seperti halnya telah dilaporkan di atas, selain dapat mencegah autooksidasi yang menghasilkan radikal bebas dan SOR, juga dapat menekan proliferasi (perbanyakan) sel kanker. Hanya saja mengingat bermacam-macamnya jenis sel kanker, maka efektivitas dari antioksidan uji juga beragam dan spesifik untuk kasus tertentu.  Berikut berbagai jenis sumber Antioksidan yang dapat diperoleh dari makanan disekitar kita.

Pilihan Makanan yang Tepat sebagai Antioksidan

Pilihan Makanan yang Tepat sebagai Antioksidan

sumber : http://www.tropicanaslim.com/anti-diabetes-dengan-anti-oksidan

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Article Directory Software