Mengelola Diabetes cukup Hitungan Menit (bagian-1)

Mengelola Diabetes cukup hitungan menit

Mengelola Diabetes cukup hitungan menit

Diabetes adalah jenis penyakit yang perlu perhatian dan pengelolaan secara teliti dan teratur.  Perhatian Anda terhadap kondisi tubuh sangat berpengaruh kepada naik turunnya kadar gula darah.  Berikut ini cara Anda Mengelola Diabetes hanya dalam hitungan menit.

#Put Your Shoes by the Door
Meletakkan alas kaki di dekat pintu, membuat kita selalu teringat untuk mengenakannya sebelum keluar rumah. Trik sederhana untuk menghindari terlukanya kaki dan terjadinya komplikasi bagi penderita diabetes.

#Do a Quick Body Scan
Mari amati tubuh kita sembari mengeringkan badan sehabis mandi, mulai dari kepala hingga kaki. Perhatikan jika ada ruam atau luka yang bisa terinfeksi. Segera obati jika Anda menemukannya. Perhatikan pula tempat-tempat yang lembab dan tersembunyi sehingga nyaman bagi bakteri untuk berkembang biak. Cek bagian bawah lengan ataupun payudara, di antara kaki dan jempol. Manfaatkan cermin untuk membantu kita memantau bagian belakang tubuh kita.

#Prepare Emergency Snack Packs
Selalu siapkan dan bawa dompet berisi permen atau obat-obatan untuk diabetesuntuk berjaga-jaga seandainya Anda terkena hipoglikemia. Ciri-ciri penderita hipoglikemia adalah merasa pusing, lapar, dan gemetar ketika kadar gula darahnya mencapai di bawah 70 mg/dL. Hipoglikemia dapat terjadi karena terlambat makan atau berolahraga terlalu keras.

#Take a 2-Minute Test
Letakkan alat tes gula darah di sebelah tempat tidur kita. Hal ini akan membantu mengingatkan kita untuk mengecek kadar gula darah kita setiap hari, sehabis bangun pagi dan sebelum tidur malam. Kadar gula darah ideal sebelum makan adalah antara 90-130mg/dL, dan saat sebelum tidur adalah 110-150mg/dL.

Apabila kita biasa berolahraga, gantungkan pula reminder cek gula darah di tas olahraga. Hal ini membantu mengingatkan kita untuk mengecek kadar gula darah sebelum dan sesudah berlatih. Dengan terbiasa melakukan pengecekan kadar gula darah, kita dapat mengetahui seberapa jauh aktivitas fisik mempengaruhi kadar gula darah kita, sehingga kita lebih mudah menghindari kadar gula darah yang turun terlalu drastis di bawah kadar gula darah ideal.

#Make Insulin Work for Your Lifestyle
Jadwal kegiatan yang padat membuat jam makan kita tidak teratur? Mintalah obat insulin yang dapat bekerja cepat kepada dokter Anda. Insulin yang responsif ini dapat diinjeksikan sesaat sebelum makan dan akan memberikan efek pada kadar gula darah dalam waktu 30 menit.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Article Directory Software