Mengelola Diabetes cukup Hitungan Menit (bagian-2)

Mengelola Diabetes hanya hitungan menit

Mengelola Diabetes hanya hitungan menit

Diabetes adalah jenis penyakit yang perlu perhatian dan pengelolaan secara teliti dan teratur.  Perhatian Anda terhadap kondisi tubuh sangat berpengaruh kepada naik turunnya kadar gula darah.  Berikut ini cara Anda Mengelola Diabetes hanya dalam hitungan menit.

#Power Up Your Diet
Carilah daftar makanan yang memiliki indeks glikemiks rendah. Catat atau print daftar makanan tersebut, tempelkan pada pintu kulkas, atau simpan di dompet. Catatan ini akan membantu kita memilih makanan yang tepat saat berbelanja atau membeli makan di luar.

#Drink Some Water
Kadar gula yang tinggi membuat tubuh kita kehilangan cairan. Mengapa? Salah satu sebabnya adalah karena kita menjadi sering buang air kecil. Saat kadar gula darah kita tinggi, tubuh akan berusaha mengeluarkan gula lewat urine. Agar urine tidak terlalu pekat, tubuh akan menarik air sebanyak mungkin ke dalam urine, sehingga volume urine yang keluar lebih banyak dan frekuensinya lebih sering.

Kehilangan cairan dapat membuat kulit kita kering sehingga terasa gatal atau pecah-pecah, yang dapat berdampak pada infeksi. Untuk mencegahnya, usahakan minum air minimal 8 gelas sehari untuk menjaga kulit Anda tetap lembab dan sehat.

#Remember Your Medical Alert Bracelet
Jika Anda memiliki gelang informasi medis, jangan segan-segan untuk mengenakannya. Letakkanlah di dekat aksesoris/perhiasan yang biasa Anda kenakan setiap hari, misalnya jam tangan, atau handphone, sehingga Anda tidak lupa memakainya.

Gelang informasi medis ini akan membantu memberikan informasi kepada orang di sekitar Anda, saat Anda mengalami situasi darurat dan berada dalam keadaan kacau atau tidak mampu bicara. Informasi medis ini akan membantu memastikan Anda mendapat pertolongan yang tepat.

#Exercise in Spurts
Berolahraga selama 30 menit setiap hari sangat penting untuk membantu kita mengelola diabetes. Jika jadwal aktivitas Anda sangat sibuk, bagilah menjadi 10 menit waktu latihan sebanyak 3x sehari. Misalnya, Anda dapat melakukan latihan beban selama 10 menit di pagi hari. Kemudian berjalan kaki 10 menit di siang hari, dilanjutkan berjalan-jalan dengan peliharaan Anda di sore hari.

#Assemble a First-Aid Kit
Luka kecil dapat berakibat fatal bagi penderita diabetes. Jadi, selalu bawa dan persiapkan kotak P3K mini Anda yang berisi obat-obatan pembersih luka, pembalut steril, dan salep luka. Selain itu, catat selalu nomer telepon dokter Anda untuk berkonsultasi ketika Anda sedang mengalami kesulitan akibat luka tersebut.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Article Directory Software