Mengerikan, Diabetes Membunuh Satu Orang Tiap Enam Detiknya

Diabetes Membunuh Satu Orang Tiap Enam Detiknya

Diabetes Membunuh Satu Orang Tiap Enam Detiknya

Fakta mengerikan mengenai diabetes terungkap di dalam laporan yang dikeluarkan oleh International Diabetes Federation (IDF). Organisasi dunia ini mencatat kalau Diabetes membunuh satu orang tiap enam detiknya. Saat ini jumlah penderita diabetes di seluruh dunia diperkiran berjumlah 382 juta orang, peningkatan cukup drastis dimana pada tahun 2009 ada total 285 juta penderita diabetes. Angka ini diprediksi akan terus naik. Pada tahun 2035 IDF memperkirakan akan ada 592 penderita diabetes di seluruh dunia.

Leonor Guariguata, koordinator penelitian ini, yang dinamakan Diabetes Atlas dan dikeluarkan setiap dua tahun sekali, menyebutkan kalau tingginya pertumbuhan penderita diabetes sudah di luar kontrol dan masih sangat sulit untuk dikendalikan. “Kami belum melihat upaya untuk menstabilkan kondisi ini, justru kebalikannya,” ujarnya, seperti dikutip oleh Bloomberg.

IDF mencatat bahwa total 548 Dollar Amerika secara global sudah dikeluarkan tahun ini, menjadikan diabetes sebagai beban bagi banyak pemerintah di seluruh dunia.

Diabetes dianggap sebagai penyakit laten, oleh karenanya banyak pihak termasuk IDF mengatakan bahwa diskusi soal bahaya diabetes harus diangkat secara masif dan konsisten. Pada bulan Mei tahun ini 200 negara sudah sepakat untuk menjalankan sembilan target, seperti mengurangi konsumsi garam hingga 30 persen sampai tahun 2025, sebagai langkah melawan penyakit jantung, kanker dan diabetes. Perusahaan-perusahaan juga diminta untuk mengurangi kegiatan promosi makanan tidak sehat kepada anak-anak.

IDF mencatat bahwa penderita diabetes paling banyak ada di negara-negara berkembang. Kondisi di Cina, misalnya, ternyata lebih buruk dari yang selama ini diperkirakan. Sebuah penelitian menyebutkan kalau 12 persen orang dewasa di Cina, atau sekitar 114 juta orang, menderita diabetes. Diperkirakan satu dari tiga penderita diabetes hidup di Cina.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Article Directory Software