Mengusir Pikun dengan Musik ternyata Mudah

Usir Pikun dengan Musik

Usir Pikun dengan Musik

Tidak mudah menjadi orang tua dalam artian sesungguhnya, yaitu Anda “akan” mengandalkan bantuan orang lain dalam berbagai hal.  Namun demikian meski secara fisik tampilan tubuh sudah menua, sebaiknya pikiran kita masih tetap cemerlang.  Dan penyakit tua diantaranya adalah pikun atau pelupa.  Disinyalir, meski usia sel tubuh cukup pendek namun pergantian sel baru masih memungkinkan dilakukan sampai akhir hayat.  Dan untuk mengusir pikun dengan musik ternyata mudah dilakukan.

Jika Anda termasuk orang yang tidak dapat tidur tanpa mendengarkan musik, Anda boleh bersenang hati. Pasalnya penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan Jerman baru-baru ini menemukan, bahwa tidur sambil mendengarkan musik dapat mempertajam daya ingat.

Sudah lama diketahui bahwa ketika tidur terjadi yang namanya osilasi (getaran) lambat dalam aktivitas otak. Ini terjadi ketika tidur memasuki fase “slow-wave sleep”. Para ilmuwan mensinyalir bahwa pada fase ini merupakan fase kritis dimana terciptanya pembentukan memori. Pada saat ini segala bentuk memori jangka pendek akan dipindahkan ke memori jangka panjang.

Jika diibaratkan, otak Anda merupakan media menyimpanan data dari segala bentuk informasi yang telah Anda terima. Lalu setelah itu pada saat tidur, otak mulai menyimpan “back up” data tersebut.

Menurut penulis studi dr. Jan Born, dari University of Tubingen, mendengarkan suara yang ritmenya telah diselaraskan dengan ritme osilasi otak, selain meningkatkan kemampuan mengingat juga dapat memperbaiki kualitas tidur.

Sebelumnya para ilmuwan telah mengembangkan metode penajaman memori dengan cara stimulasi listrik. Namun setelah ditemukan studi ini, metode osilasi ini dianggap lebih efektif.  Dalam penelitian yang melibatkan 11 orang sukarelawan ini ditemukan bahwa mereka lebih mudah mengingat informasi yang diberikan pada malam sebelumnya. Setelah menjalani metode osilasi ini, mereka lebih mudah mengingat dan mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.  Musik dapat menstimulasi otak sehingga Anda menjadi lebih mudah mengingat berbagai hal yang telah terjadi.

Makanan Otak untuk Mengusir Pikun

Makanan Otak untuk Mengusir Pikun

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Article Directory Software