Menjaga Berat Badan dapat menghindari Diabetes

Menjaga Berat Badan menghindari Diabetes

Menjaga Berat Badan menghindari Diabetes

Masalah berat badan seringkali menjadi momok yang paling menakutkan bagi kaum wanita bahkan pria. Bentuk tubuh yang tidak ideal menjadikan mereka kurang percaya diri sehingga banyak yang mati-matian menjaga pola makan untuk menjaga berat badannya  bahkan melakukan Diet Ketat. Berbeda dengan kaum pria yang menjaga bentuk tubuh dengan berolahraga atau melakukan aktivitas fisik yang mereka gemari, kaum wanita lebih menjaga berat badan untuk mempertahankan bentuk tubuhnya.  Sebenarnya, dengan Menjaga Berat Badan dapat Menghindari Diabetes pula.

Apapun alasannya mengendalikan berat badan akan berdampak baik bagi tubuh. Bahkan penelitian menunjukkan bahwa mengendalikan berat badan adalah salah satu cara terbaik untuk menghindari penyakit diabetes.

Untuk mengendalikan berat badan tidak hanya pola makan yang harus diperhatikan, namun juga mempertimbangkan aktivitas fisik yang diperlukan tubuh. Pola makan sehat yang mengutamakan konsumsi buah dan sayuran jika diimbangi dengan olahraga secara teratur dapat menghindari risiko obesitas.

Beberapa penelitian telah dilakukan untuk mengetahui berapa lama waktu olahraga  yang ideal untuk mencegah penyakit. Rata-rata waktu yang disarankan adalah 15 – 60 menit, namun belakangan jogging selama satu menit pun disinyalir dapat memberikan efek yang baik untuk mencegah diabetes.

Department of Health, University of Bath yang melakukan penelitian terhadap beberapa orang untuk melakukan aktivitas sprint dan bersepeda selama 20 detik selama 3 kali seminggu. Setelah 6 minggu ditemukan bahwa fungsi insulin peserta meningkat 28 persen.

Artinya aktivitas fisik yang dilakukan dengan cara yang benar terbukti mampu mencegah diabetes dan menjaga gula darah tetap stabil. Untuk itu mulai sekarang atur pola makan dan aktivitas fisik bukan hanya karena untuk mendapat tubuh indah, tapi untuk menghindari terkena diabetes.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Article Directory Software