Penderita Diabetes Akut, cobalah lakukan Olahraga Ini

jalan kaki sehat bagi diabetasin

jalan kaki sehat bagi diabetasin

Sebelumnya telah dibahas bahwa olahraga yang paling mudah dilakukan bagi penderita diabetes adalah berjalan kaki. Waktu yang disarankan bervariasi mulai dari 10 menit hingga 30 menit. Selain itu Anda tidak perlu khawatir terhadap kondisi fisik meski mengidap Diabetes.  Penderita Diabetes akut, cobalah lakukan olah raga ini.

Sebagian besar ahli berpendapat bahwa 30 menit bisa dianggap waktu ideal jika Anda memiliki waktu lebih banyak. Penderita diabetes minimal melakukan olahraga lima hari dalam satu minggu. Kegiatan ini cukup baik untuk menjaga kesehatan dan kadar gula darah stabil.

Namun berjalan kaki disarankan bagi Anda yang menderita diabetes ringan. Bagi penderita diabetes akut, jangan kira Anda tak bisa melakukan latihan fisik. Ada jenis olahraga keseimbangan yang sangat disarankan untuk dilakukan. American Diabetes Association membaginya menjadi tiga langkah mudah.

#Pertama, Anda bisa berjalan kaki lurus ke depan lalu mundur ke belakang. Tak perlu dilakukan dengan tergesa-gesa. Anda bisa merasakan gerakan ini seirama dengan gerakan tubuh Anda. Gerakan maju mundur ini akan melatih keseimbangan tubuh Anda.  Aktivitas sederhana ini sukup membantu peregangan otot tubuh Anda, tanpa rasa khawatir terjadi cedera.

#Kedua, Anda dapat menumpukan berat badan Anda pada ujung jari-jari kaki dengan berjinjit. Lakukan gerakan berjinjit ini lalu berdiri tegak, ulangi setidaknya 10 – 15 kali hitungan. Gerakan ini seperti peregangan sendi pada tubuh Anda lainnya.

#Ketiga, ambil kursi di meja makan Anda lalu duduk dan bangun, kemudian duduk dan bangun lagi. Lakukan gerakan ini berulang-ulang untuk menjaga keseimbangan tubuh Anda. Anda juga bisa berdiri dengan satu kaki dan bertahan selama 30 detik. Lakukan bergantian antara kaki kiri dan kanan.

Gerakan-gerakan itu akan membantu Anda meningkatkan kesemimbangan tubuh jika dilakukan secara rutin. Anda hanya butuh 10 – 15 menit untuk melakukannya. Meski sederhana, gerakan keseimbangan ini sangat membantu memperlancar peredaran darah Anda.  Penderita Diabetes akut tidak perlu khawatir lagi berolahraga, cukup lakukan seperti yang tadi, dan akan menjaga stamina tubuh Anda tetap Fit dan Bugar.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Article Directory Software