Pentingnya membaca hasil Pemeriksaan Laboratorium Anda

Pentingnya membaca Hasil Laboratorium Anda

Pentingnya membaca Hasil Laboratorium Anda

Mungkin Anda jarang melakukan cek laboratorium karena merasa sehat dan bugar, namun ketika Anda mengalami sakit, tentu Cek Lab bukan lagi hal yang aneh dilakukan, karena dokter selalu menyarankan untuk cek darah dengan pemeriksaan laboratorium. Hasil Pemeriksaan Laboratorium dipergunakan untuk menganalisa kemungkinan jenis penyakit yang Anda alami, atau kondisi penyakit Anda saat ini.  Laporan Hasil Pemeriksaan Laboratorium penting Anda baca sebagai literatur dalam menganalisa Penyakit.

Nilai Normal Hasil Lab dapat berbeda tergantung dimana Anda memeriksanya karena standar masing-masing Lab. Sedemikian Anda dapat memahami penting hasil cek laboratorium sebagai petunjuk tentang kondisi saat ini. Berikut standar nilai normal yang perlu Anda pelajari tentang kondisi tubuh.

Glukosa:

  • gula darah sewaktu: <140 mg/dL
  • gula darah puasa: <128 g/d

Kolesterol:

  • Kolesterol total: < 200 mg/dL
  • Trigliserida: < 150 mg/dL
  • HDL: > 55 mg/dL (pria) dan >65 mg/dL (wanita)
  • LDL: < 150 mg/dL

Asam urat:

  • Pria: 3,4 – 7,0 mg/dL
  • Wanita: 2,4 – 5,7 mg/dL

Jika Anda berhasil mendapatkan nilai pemeriksaan diantara batas tersebut, maka bersyukurlah bahwa kondisi Anda saat ini masih terjaga sehat. Sedangkan jika Anda tengah mengalami sakit dan nilai beberapa parameter telah melebihi ambang batas, maka perlu ekstra kerja keras untuk mempertahankannya atau bahkan menurunkannya. Seperti misal nilai Gula Darah Sewaktu, dimana normalnya adalah kurang dari 140mg/dl menunjukkan screening awal untuk mendeteksi penyakit gula atau diabetes. Nilai tinggi utk GDS tidak sekonyong-konyong menjadikan Anda penderita Diabetes, karena perlu dilakukan pemeriksaan Gula darah 2 jam setelah makan atau pemeriksaan HbA1c. Nilai Pemeriksaan Laboratorium tidak memvonis Anda sakit, karena tetap diagnosis dan analisa medis menjadi acuan lainnya. Pentingnya Anda bisa membaca Hasil Pemeriksaan Laboratorium dapat membantu untuk menjaga pola makan agar tetap sehat.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Article Directory Software