Pola Makan Sehat adalah dengan Waspadai 2G1L

Pola Makan Sehat adalah dengan Waspadai 2G1L

Pola Makan Sehat adalah dengan Waspadai 2G1L

Beberapa jenis penyakit yang dapat menyerang pada usia lanjut seperti tekanan darah tinggi, gangguan jantung, dan gangguan jantung sebenarnya dapat dihindari sejak dini.  Dengan mengolah makanan secara sehat serta tidak berlebihan dalam menggunakan asupan makanan, dapat menjamin kesehatan Anda di masa mendatang. Pola Makan Sehat diantaranya adalah dengan mewaspadai 2G1L atau kita kenal dengan Gula, Garam dan Lemak.

Kunci agar dapat hidup sehat sampai tua sangat sederhana. Anda cukup memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti karbohidrat, lemak, dan protein dalam jumlah yang cukup.  Tidak lupa Anda juga harus mengkonsumsi suplemen yang mengandung vitamin dan mineral baik bagi tubuh. 

Semua jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh itu harus dikonsumsi seluruhnya.  Namun perlu diingat bahwa konsumsi karbohidrat dan lemak mesti diatur dalam porsi yang sesuai dan tidak berlebihan. 

Kelebihan karbohidrat dan lemak dapat menyebabkan kegemukan yang berdampak pada tekanan darah tinggi, gangguan insulin, dan peradangan. Beberapa jenis penyakit itu bahkan bisa menyerang Anda tanpa memandang usia.  Dan dalam jangka panjang penyakit tersebut dapat terakumulasi dan berpotensi merusak ginjal. 

Berdasarkan data WHO pada tahun 2000, 56 juta kematian di dunia setiap tahunnya disebabkan oleh penyakit ginjal. Untuk itu para ahli menyarankan untuk memperbanyak porsi makanan yang mengandung air, sayur, dan buah. 

Dikatakan bahwa pola makan yang sehat harus meminimalkan asupan garam, gula, dan lemak. Sebaliknya, kaya serat seperti sayur, buah, dan biji-bijian.  Selain itu, Anda juga harus memerhatikan asupan kalori Gula, Garam, dan Lemak (2G1L) yang patur diwaspadai.  Asupan kalori Gula perhari tidak boleh melebihi 10%, garam 6gr, dan lemak 5-10%. 

Perlu diakui bahwa mengurangi kalori dari asupan 2G1L memang bukanlah hal yang mudah.  Hal ini mengingat beberapa jenis makanan di Indonesia memang identik dengan rasa asin dan manis.  Oleh karena itu citarasa rendah 2G1L mesti diperkenalkan sejak anak-anak bahkan ketika masih dalam kandungan. 

Mengurangi asupan garam saat hamil dapat menghindarkan ibu dari preeklamsia.  Bayi juga akan terhindar dari berat badan rendah.  Bayi yang terlahir dengan berat badan rendah berpotensi terkena penyakit jantung di masa mendatang.  Sedangkan dengan menekan asupan gula saat kehamilan dapat menekan risiko bayi terlahir dengan berat badan lebih dan terkena diabetes.  Waspadai asupan Gula, Garam dan Lemak (2G1L) untuk hidup lebih Fit dan Bugar.

Waspadai 2G1L agar selalu Fit Bugar

Waspadai 2G1L agar selalu Fit Bugar

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Article Directory Software