Rahasia Sehat dibalik Keringat Anda

Rahasia Sehat dibalik Keringat Anda

Rahasia Sehat dibalik Keringat Anda

Banyak yang beranggapan bahwa orang yang berkeringat adalah hal yang menjijikkan, selain itu berkeringat mengeluarkan bau kurang sedap. Padahal di balik itu semua banyak segudang manfaat yang bisa kita dapatkan dari keluarnya keringat.  Rahasia sehat dibalik keringat Anda akan menambah semangat diri untuk selalu berkeringat.  Tentunya aktivitas yang dilakukan adalah dalam rangka olahraga.

Fungsi utama keringat adalah untuk menurunkan suhu tubuh yang meninggi sewaktu melakukan aktifitas berat. Oleh karena itu di saat kita berjalan di bawah terik matahari langsung berkeringat. Selain itu, ibarat peribahasa “Sambil menyelam minum air”, keringat yang keluar dari tubuh juga membawa keluar racun-racun yang masuk ke dalam tubuh.

Jelaslah sudah bahwa orang-orang yang sering beraktifitas atau berolahraga rutin akan memiliki tubuh yang lebih sehat karena bersih dari racun-racun berbahaya dibandingkan dengan yang jarang berkeringat.

Berikut adalah beberapa manfaat berkeringat:

Mencerahkan Kulit

Keringat mampu mendorong keluar kotoran yang masuk ke dalam pori-pori kulit sehingga kulit jadi lebih bersih.

Melawan Infeksi

Sebuah studi dari Eberhard Karls University di Tubingen, Jerman, menyebutkan berkeringat menghasilkan antibiotik alami bernama Dermcidin. Dermcidin ini ampuh membunuh bakteri, termasuk Ecoli dan Staphylococcus aureus yang ada di permukaan kulit.

Keringat Dapat Menyembuhkan

Tubuh memiliki cara sendiri untuk menyembuhkan diri, dan keringat adalah cara tubuh untuk membangunkan sistem imun agar melawan patogen yang membuat Anda sakit.

Mengurangi Asma

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Michigan menyimpulkan bahwa tubuh yang mengeluarkan banyak keringat setelah berolahraga, maka akan jauh dari risiko menderita asma.

Banyaknya keringat yang keluar saat olahraga bukanlah merupakan indikator seberapa banyak kalori yang terbakar . Banyaknya keringat yang keluar dapat berbeda-beda setiap orang karena karakter tubuh setiap orang tidak sama, jadi tidak perlu kuatir jika keringat yang keluar saat olahraga sedikit.

Ingin berkeringat bisa dilakukan di mana saja, bisa dengan berjalan santai saat menuju atau pulang kantor, sedikit luangkan waktu melakukan olahraga ringan. Jangan takut berkeringat karena bagi beberapa orang ada yang menganggap berkeringat itu seksi.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Article Directory Software