Terbukti, Pola Hidup Sehat Membuat Anda Awet Muda

Terbukti, Pola Hidup Sehat Membuat Anda Awet Muda

Terbukti, Pola Hidup Sehat Membuat Anda Awet Muda

Sebuah penelitian ilmiah telah menjelaskan bahwa pola hidup sehat dapat benar-benar membuat manusia hidup lebih panjang dan terlihat lebih muda. Penelitian ini dilakukan oleh sekelompok peneliti dari University of California terhadap 35 pria yang merupakan pasien Kanker Prostat. Seperti yang dilaporkan oleh Telegraph, penemuan ini diyakini juga berlaku bagi para wanita dan pria sehat.  Terbukti, Pola Hidup Sehat membuat Anda awet muda.

Penelitian ini difokuskan pada telomere, struktur pada ujung kromosom manusia yang berfungsi menjaga DNA di dalam kromosom tersebut dari kerusakan. Seiring dengan berjalannya waktu, telomere menjadi lebih pendek, menua dan akhirnya mati berguguran. Penelitian sebelumnya telah menyimpulkan bahwa berkurangnya kualitas telomere berkaitan erat dengan menurunnya harapan hidup dan meningkatnya resiko terhadap penyakit yang berkaitan dengan menuanya usia manusia seperti panyakit jantung, obesitas, stroke, diabetes dan berbagai penyakit kanker.

Penelitian ini menemukan bahwa telomere pada orang yang menjalani pola hidup sehat secara ketat menjadi lebih panjang sebesar 10 persen selama kurun waktu lima tahun. Sementara itu telomere pada mereka yang tidak merubah pola hidup mereka menjadi sehat menjadi lebih pendek rata-rata tiga persen.

Walau sudah banyak tulisan yang mendukung pola hidup sehat positif bagi tubuh, namun ini adalah penelitian pertama yang bisa membuktikan kalau hal tersebut berdampak positif terhadap telomere.

Berikut empat hal sederhana yang bisa dilakukan untuk memperpanjang telomere anda:

#Diet

Disarankan untuk menjalani pola diet sehat dengan mengkonsumsi buah-buahan, sayuran dan gandum. Kurangi karbohidrat sederhana, yang biasa ditemukan para roti, dan juga kurangi asupan lemak.  Anda tidak akan merasakan sakit atau kelaparan meski mengurangi asupan karbohidrat, dan digantikan dengan buah atau sayur.

#Olahraga

Jalani secara rutin olahraga, mulai dari jalan kaki selama 30 menit sehari sebanyak enam kali seminggu.  Aktivitas fisik ringan dan sedang, membantu metobalisme tubuh dan mempercepat regenerasi sel yang rusak.

#Mengelola Stres

Pengelolaan stres sangat penting bagi tubuh. Mulai dengan melakukan gerakan-gerakan yoga, meditasi pernapasan dan lainnya yang dapat menghindari Anda dari stres.  Stress bermula dari beban pikiran yang tidak tersalurkan.  Untuk itulah Anda perlu melepaskannya dengan cara berolahraga.

#Dukungan Sosial

Penuhi kebutuhan sosial anda, mulai dari mengikuti komunitas positif atau mengobrol dengan psikolog.  Mencari me time juga salah satu meningkatkan motivasi hidup lebih sehat.  Berkumpul dengan sanak famili mampu melepaskan beban penat pekerjaan yang berdampak pada stress berlebihan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Article Directory Software