Tidak semua buah-buahan baik untuk Penderita Diabetes

Tidak Semua Buah Baik untuk Diabetes

Tidak Semua Buah Baik untuk Diabetes

Kita semua setuju bahwa buah baik untuk kesehatan tubuh. Dan bagi penderita diabetes khususnya, konsumsi karbohidrat akan dikurangi dan digantikan dengan jenis buah-buahan.  Namun sebuah penelitian menyimpulkan bahwa beberapa jenis buah lebih baik dari buah yang lainnya, dan bahwa jus buah bukanlah pilihan yang tepat sebagai sumber vitamin sebagaimana yang disebutkan oleh banyak orang.   Inilah mengapa Anda perlu pahami tidak semua buah-buahan baik untuk penderita Diabetes.

Banyak penelitian sebelumnya mengindikasikan bahwa mengkonsumsi lebih banyak jenis buah, tapi tidak lebih banyak secara kuantitas, dapat mengurangi resiko seseorang terkena diabetes tipe 2 secara signifikan. Hal ini membuat beberapa peneliti tertarik untuk mencari tahu apakah semua buah memiliki dampak yang sama terhadap hal tersebut.

Penelitian dilakukan terhadap 185 ribu orang, dimana 12 ribu lebih diantaranya mengidap gejala diabetes tipe 2, dalam rentan waktu 12 tahun. Hasilnya, mereka menyimpulkan bahwa beberapa jenis buah – seperti stroberi, jeruk, persik, plum dan aprikot – tidak memiliki efek yang signifikan dalam mengurangi resiko terkena diabetes tipe 2. Sedangkan, buah-buahan seperti anggur, apel dan grapefruit diyakini dapat membuat orang terhindar dari diabetes tipe 2. Sementara blueberi adalah buah yang paling baik untuk dikonsumsi.

Mengkonsumsi buah-buahan tersebut sebanyak satu sampai tiga kali sebulan dapat mengurangi resiko diabetes tipe 2 sebesar 11 persen. Sementara apabila anda mengkonsumsinya sebanyak lima kali seminggu resiko akan lebih berkurang yaitu sebanyak 26 persen.

Yang mengejutkan, para peneliti tersebut menyebutkan bahwa mengkonsumsi jus buah akan meningkatkan resiko anda terkena diabetes tipe 2.

“Meningkatkan konsumsi buah-buahan, terutama blueberi, apel dan anggur, sangat penting,” ujar Dr. Qi Sun, salah seorang peneliti yang tergabung dalam penelitian ini. Namun ia menolak anggapan bahwa buah-buahan saja cukup. Gaya hidup sehat secara menyeluruh sangatlah penting.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Article Directory Software