Turunkan Berat Badan Anda untuk Perbaikan Kualitas Tidur

Turunkan Berat Badan Anda untuk Perbaikan Kualitas Tidur

Turunkan Berat Badan Anda untuk Perbaikan Kualitas Tidur

Tidur menjadi waktu yang tepat bagi pemulihan kelelahan tubuh, baik fisik tubuh, organ dalam ataupun otak.  Waktu pemulihan ini sangat efektif terjadi pada saat Anda tidur.  Inilah manfaat Tidur bagi kesehatan Anda, sedikitnya tidur diperlukan 6 sampai 8 jam sehari.  Namun demikian, jika Anda mengalami insomnia dan tidak mendapatkan kualitas tidur yang baik, maka menurunkan berat badan bisa menjadi solusinya.  Turunkan Berat Badan Anda untuk Perbaikan Kualitas Tidur.

Tim peneliti dari Johns Hopkins University School of Medicine menemukan jika kualitas tidur akan cenderung meningkat jika berat badan seseorang berkurang.  Artinya jelas bahwa korelasi antara kualitas tidur yang buruk dipengaruhi oleh salah satunya berat badan yang tidak seimbang.  Anda dapat menghitung indeks masa tubuh (IMT) untuk mencapai kisaran yang disarankan, sehingga akan memperoleh manfaat tidur berkualitas.

Penelitian menemukan bahwa peningkatan kualitas tidur secara signifikan berhubungan dengan turunnya berat badan seseorang.  Terutama jika orang tersebut berhasil mengurangi lemak di bagian perutnya, maka dia akan mendapatkan tidur yang sehat.  Studi ini menguji 77 orang overweight yang mengalami diabetes tipe 2 atau pre diabetes.  Setelah 6 bulan penelitian, para partisipan berhasil menurunkan berat badan hingga 7 kg dan 15 persen diantaranya berhasil mengurangi timbunan lemak di perut, dan mereka mengaku mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik dari sebelumnya.

Cara Lain untuk memperbaiki Kualitas Tidur Anda diantaranya adalah :

1.  Biasakan mengikuti Jam Biologis Tubuh Anda untuk tidur

Jika Anda terbiasa tidur 6 jam maka lakukanlah selama itu, otomatis tubuh akan menyalakan waktu kapan Anda harus bangun.  Namun jika Anda tidur lebih atau tidur kurang, tubuh akan terasa “panas” dan tidak nyaman.

2.  Kurangi konsumsi Kafein

Kafein berpotensi mengurangi jam tidur Anda, karena mempengaruhi kerja otak.  Kafein melakukan manipulasi fungsi otak namun tidak memperbaiki fungsi otot dan organ tubuh.

3.  Jika Anda akan tidur, Matikan semua alat-alat elektronik, seperti TV, radio, gadget dan smartphone

Benda-benda ini harus dijauhkan dari sisi tempat tidur, sehingga tidak berpotensi menimbulkan stimulan pengganggu tidur.  TV yang menyala meski tanpa suara akan memancing mata Anda untuk terbuka, pun demikian jika HP masih ada disisi tidur Anda, selain gelombang elektromagnetik yang terus memancarkan radiasi, suara HP atau getarannya juga membuat “bising” tidur Anda.

4.  Jangan tidur jika Perut Anda Penuh ataupun Kosong

Perut kosong maka tidur Anda tidak akan nyaman karena kelaparan, dan sebaliknya jika perut Anda penuh, maka tidur tidak akan nyaman karena lambung terganjal.  Anda boleh makan maksimal 2 jam sebelum tidur, sebab waktu itulah yang dibutuhkan tubuh untuk mengosongkan lambung dari makanan.

5.  Olah Raga Rutin

Sebagaimana diatas, dengan berkurangnya berat badan Anda, maka otomatis akan meningkatkan kualitas tidur.  Penurunan berat badan dapat dilakukan dengan olahraga rutin minimal 30 menit setiap hari.  Dan selain itu Anda dapat juga mulai membatasi konsumsi makanan berlemak dan berkalori tinggi.

Tidur berkualitas akan mempercepat proses recovery tubuh Anda, dimana sel-sel tubuh yang rusak segera membenahi dirinya dan berganti dengan sel baru.  Tidurlah sebanyak jam biologis membutuhkannya dan lakukan pada waktunya tidak berlebih dan tidak pula kurang.  Untuk Meningkatkan Kualitas Tidur Anda dapat dilakukan dengan mengurangi Berat Badan, dengan Berolahraga teratur atau Makan makanan Sehat yang kaya serat.

Manfaat Tidur Berkualitas

Manfaat Tidur Berkualitas

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Article Directory Software