Depresi: Temukan Penyebabnya, Obati Masalahnya

Posted on
Depresi Temukan Penyebabnya Obati Masalahnya
Depresi Temukan Penyebabnya Obati Masalahnya

Depresi: Temukan Penyebabnya, Obati Masalahnya

Beberapa akan berpendapat bahwa depresi disebabkan oleh genetika, sementara yang lain menyebutkan faktor lingkungan sebagai penyebab gangguan tersebut. Sementara keduanya dapat berperan dalam timbulnya depresi, dapat disepakati bahwa depresi klinis adalah masalah kesehatan yang serius dan pengobatan depresi harus dicari.

Temukan Penyebabnya

Ketika seorang individu memulai suatu jalan menuju pemulihan, ia akan perlu menemukan penyebab gangguan tersebut. Sebagian penyebabnya mungkin adalah gen yang dibagi dengan anggota keluarga yang membuat individu lebih mungkin berjuang dengan depresi, tetapi mungkin ada faktor lingkungan juga. Untuk memulai pengobatan depresi, seorang individu harus mengenali apa faktor-faktor tersebut. Beberapa faktor depresi umum termasuk:

  • banyak stres di tempat kerja atau di rumah
  • mengalami trauma emosional atau fisik
  • pola makan yang buruk, olahraga, dan kebiasaan tidur
  • ketergantungan obat atau alkohol

Konseling sebagai Perlakuan

Konseling adalah tempat yang baik untuk memulai ketika mencari rencana perawatan depresi. Sesi terapi bicara dengan konselor yang berpengalaman dapat membantu pekerjaan individu melalui masalah pribadi dan emosional yang menyebabkan depresi. Menemukan sumber-sumber depresi dapat membantu seseorang mengendalikan situasi dan mengatasinya.

Obat-obatan sebagai Pengobatan

Memulai rencana pengobatan adalah pilihan pengobatan yang umum. Antidepresan dapat mengubah bahan kimia di otak. Paling sering, obat-obatan akan mempengaruhi kadar serotonin yang dapat meningkatkan suasana hati seseorang. Seorang dokter keluarga atau psikiater dapat meresepkan obat. Namun, perawatan dapat menyebabkan efek samping yang harus dipertimbangkan.

Perubahan Gaya Hidup sebagai Perlakuan

Solusi yang jelas untuk masalah gaya hidup yang menyebabkan depresi adalah mengubah gaya hidup. Tentu saja, ini biasanya lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Mengubah hal-hal seperti jadwal tidur dan diet atau mencari perawatan untuk kecanduan dapat mengurangi efek depresi. Berfokus pada hubungan positif dan menghindari negativitas juga disarankan. Membuat perubahan positif dalam kehidupan seseorang dapat menciptakan sasaran untuk bekerja ke arah dan memberi individu rasa tujuan.

Perawatan Alternatif

Mereka yang tidak ingin menjalani pengobatan mungkin menemukan pengobatan alternatif lebih bermanfaat. Perawatan depresi alternatif termasuk yoga, akupunktur, hipnosis, dan meditasi di antara yang lainnya. Aktivitas ini mempromosikan relaksasi dan dapat mengubah keadaan pikiran seseorang. Meskipun perawatan ini bukan standar untuk pengobatan barat, banyak orang yang menganggapnya sangat membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.