Makanan sehat penderita diabetes
Makanan sehat penderita diabetes

Menu Makanan Sehat Penderita Diabetes Mellitus

Posted on

Menu Makanan Sehat Penderita Diabetes Mellitus

Diabetes adalah penyakit menurunnya produktivitas hormon insulin oleh pankreas sehingga kadar gula darah menjadi lebih tinggi daripada seharusnya (batas normal).

Meskipun penyakit ini sulit sembuh, namun penderita diabetes sebenarnya tetap dapat menikmati hidup sehari-hari dengan wajar. Termasuk dalam mengonsumsi berbagai jenis makanan enak dan lezat tanpa menderita, kendati menu makanan diet diabetes memang harus disesuaikan dengan kebutuhan kalori yang diasupnya. Selain itu juga harus diperhatikan jadwal makan yang teratur dengan pola makan yang seimbang dan bergizi dengan menghindari makanan yang menjadi pantangannya.

Makanan pantangan diabetes tentunya makanan atau minuman yang mengandung faktor utama penyebab penyakit kencing manis yaitu gula. Lalu apa saja pantangan makanan penderita diabetes tersebut?, Berikut jenis makanan penyebab diabetes beserta ulasannya.

Makanan sehat penderita diabetes
Makanan sehat penderita diabetes

# 1. Sumber KARBOHIDRAT Tinggi

Pantangan diabetes yang pertama adalah makanan tinggi karbohidrat. Makanan ini merupakan oknum penyebab gula darah naik drastis. Oleh karena itu, konsumsinya harus sesuai dengan anjuran dokter. Makanan yang berkarbohidrat tinggi antara lain beras putih dan segala olahannya seperti nasi, bubur, dan lontong.

Gantilah makanan pokok tersebut dengan bahan lain yang kandungan karbohidratnya lebih rendah seperti beras merah, sereal, dan oatmeal. Kentang sudah dikenal sebagai pengganti nasi yang baik, selama pengolahannya tidak dengan cara digoreng. Namun tetap, porsinya harus sesuai dengan anjuran dokter.

# 2. Mie, Spaghetti dan Roti

Mie, spagheti dan roti juga penyebab gula darah naik? Benar, alasannya makanan-makanan tersebut dibuat dari tepung gandum dan tepung beras yang telah kita ketahui bersama bahwa jenis tepung tersebut banyak mengandung karbohidrat yang akan berisiko meningkatkan kadar gula darah. Anda boleh mengkonsumsinya tetapi dengan anjuran dari dokter dan saya sarankan Anda untuk disiplin mematuhinya. Mie dan sebangsanya tidak termasuk jenis makanan sehat penderita diabetes, sehingga perlu di KONTROL dan MONITOR asupannya.

# 3. KAFEIN dan ALKOHOL

Alkohol adalah minuman yang memperberat kinerja hati dan pankreas yang bertugas memproduksi hormon insulin. Hindari segala jenis minuman yang mengandung alkohol dan juga kafein. Dampak yang dibawa oleh kedua jenis minuman ini terhadap penyakit diabetes mellitus selalu buruk. Kafein dan Alkohol bukan jenis makanan sehat penderita diabetes semata, namun bagi seluruh fungsi tubuh lainnya, sangat bersifat NEGATIF.

Minuman ringan yang mengandung bahan kimia juga bukan minuman yang baik untuk dikonsumsi oleh pendeita penyakit diabetes mellitus. Minuman-minuman itu hanya akan memperberat kinerja hati dan juga ginjal.

Sebenarnya, orang yang mengidap penyakit diabetes mellitus masih boleh mengkonsumsi berbagai makanan enak. Anggapan bahwa pengidap diabetes makanannya selalu tidak enak adalah salah. Bukan berarti banyak jenis makanan enak yang dilarang merenggut kebahagiaan penderita diabetes mellitus. Hanya saja, diharapkan penderita diabetes mellitus mau berdisiplin dalam mengkonsumsi berbagai makanan terutama yang berisiko meningkatkan kadar gula dalam darah mereka.

Selain menghindari makanan pantangan diabetes, berolahraga adalah salah satu kegiatan rutin yang sangat dianjurkan guna membakar kalori dalam tubuh sebelum menemukan cara mengobati diabetes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *