Pentingnya Manfaat Olah Raga setiap hari

Posted on
Pentingnya Manfaat Olah Raga setiap hari
Pentingnya Manfaat Olah Raga setiap hari

Pentingnya Manfaat Olah Raga setiap hari

Bagaimana jika seseorang memberi tahu Anda bahwa hidup yang lebih kurus, sehat, dan lebih lama ada dalam genggaman Anda? Kedengarannya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan? Menurut banyak penelitian, olahraga adalah peluru perak untuk kualitas hidup yang lebih baik.

Tidak hanya bantuan olahraga teratur dalam penurunan berat badan, itu mengurangi risiko Anda untuk beberapa penyakit kronis dan kondisi. Menemukan kegiatan yang Anda nikmati dan menjadi bagian dari rutinitas harian Anda adalah kunci menuju kehidupan yang panjang dan sehat.

Daftar manfaat kesehatannya mengesankan, dan persyaratannya relatif sederhana – lakukan saja dan dapatkan manfaat Olah Raga.

Menangkal Penyakit

Penelitian telah menegaskan bahwa jumlah olahraga apa pun, pada usia berapa pun, bermanfaat. Dan, secara umum, semakin banyak yang Anda lakukan, semakin besar manfaatnya. National Academy of Sciences telah merekomendasikan bahwa setiap orang berusaha untuk total satu jam per hari aktivitas fisik. Kedengarannya seperti banyak, tetapi jam dapat terdiri dari beberapa semburan aktivitas pendek (bisa berjalan, berkebun, bahkan pembersihan rumah berat) dilakukan sepanjang hari.

Aktivitas fisik adalah bagian penting dari program penurunan berat badan, untuk memaksimalkan kehilangan lemak Anda sekaligus menjaga massa otot yang berharga. Tetapi olahraga memiliki banyak manfaat kesehatan dan umur panjang lainnya. Ini dapat membantu mencegah atau memperbaiki kondisi ini:

1. Penyakit Jantung.

Aktivitas teratur memperkuat otot jantung Anda; menurunkan tekanan darah; meningkatkan kolesterol “baik” (high-density lipoproteins atau HDLs) dan menurunkan kolesterol “jahat” (low-density lipoproteins atau LDL); meningkatkan aliran darah; dan membantu fungsi jantung Anda lebih efisien. Semua manfaat ini mengurangi risiko stroke, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi.

Para peneliti di Duke University menunjukkan bahwa jumlah aktivitas fisik, bukan intensitasnya, memiliki dampak terbesar pada peningkatan lipid darah (kolesterol). Menurut The New England Journal of Medicine, para peneliti ini juga menemukan bahwa olahraga apa pun lebih baik daripada tidak sama sekali – meskipun lebih banyak lebih baik.

2. Stroke.

Dalam sebuah analisis dari 23 penelitian, para peneliti menemukan bahwa menjadi aktif mengurangi risiko Anda mengalami dan meninggal akibat stroke. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Stroke, peserta penelitian yang cukup aktif memiliki 20% lebih sedikit risiko stroke daripada peserta yang kurang aktif.

3. Diabetes Tipe II.

Penyakit ini meningkat pada tingkat yang mengkhawatirkan – sebesar 62% sejak tahun 1990 – dan 17 juta orang Amerika sekarang memilikinya. Aktivitas fisik dapat meningkatkan penurunan berat badan dan membantu mencegah dan / atau mengendalikan kondisi ini. Menurunkan berat badan dapat meningkatkan sensitivitas insulin, meningkatkan kadar gula darah dan kolesterol, dan mengurangi tekanan darah – yang semuanya sangat penting bagi kesehatan penderita diabetes.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Annals of Internal Medicine, Frank Hu, MD, dari Harvard School of Public Health menemukan bahwa jalan cepat selama satu jam setiap hari dapat mengurangi risiko diabetes tipe II sebesar 34%.

4. Obesitas.

Kondisi kelebihan berat badan dan obesitas dapat dicegah atau diobati dengan olahraga bersama dengan diet yang sehat. Aktivitas membantu mengurangi lemak tubuh dan meningkatkan massa otot, sehingga meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk membakar kalori. Kombinasi dari pengurangan kalori dan latihan harian adalah tiket untuk menurunkan berat badan. Dan mengendalikan obesitas sangat penting, karena merupakan faktor risiko utama untuk banyak penyakit. Menurunkan indeks massa tubuh (BMI) Anda adalah cara yang pasti untuk mengurangi risiko kematian dini dan menjalani hidup yang lebih sehat.

5. Nyeri Punggung.

Nyeri punggung dapat dikelola atau dicegah dengan program kebugaran yang mencakup penguatan dan fleksibilitas otot. Memiliki postur yang baik dan perut yang kuat adalah pertahanan tubuh terbaik terhadap nyeri punggung.

6. Osteoporosis.

Olahraga beban (seperti berjalan, joging, memanjat tangga, menari, atau mengangkat beban) memperkuat pembentukan tulang dan membantu mencegah osteoporosis atau keropos tulang yang sering terlihat pada wanita setelah menopause. Kombinasikan diet kaya kalsium dan vitamin D dengan latihan menahan beban yang teratur untuk hasil yang maksimal.

Menurut The Journal of American Medical Association, data dari Nurses ‘Health Study menunjukkan bahwa wanita yang berjalan empat jam atau lebih per minggu mengalami 41% lebih sedikit fraktur panggul daripada mereka yang berjalan kurang dari satu jam dalam seminggu.

7. Manfaat Psikologis.

Peningkatan harga diri adalah salah satu manfaat utama dari aktivitas fisik rutin. Saat berolahraga, tubuh Anda melepaskan zat kimia yang disebut endorfin yang dapat meningkatkan suasana hati Anda dan cara Anda merasakan tentang diri Anda. Perasaan yang mengikuti lari atau olahraga sering digambarkan sebagai “euforia” dan disertai dengan pandangan yang memberi energi. Olahraga dapat membantu Anda mengatasi stres dan menangkal depresi dan kecemasan.

Dan ini hanya beberapa cara olahraga meningkatkan kesehatan Anda. Studi telah menyarankan itu juga dapat membantu dengan jenis kanker tertentu, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, dan banyak lagi.

Lakukan Semuanya dan Bersama: Latihan dan Diet Sehat

Latihan Olah Raga saja menghasilkan penurunan berat badan sederhana. Terlebih dikombinasikan dengan diet rendah kalori, efeknya jauh lebih mengesankan.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of American Medical Association, para peneliti dari University of Pittsburgh menemukan bahwa orang-orang yang berolahraga secara teratur dan makan makanan yang sehat, diet rendah kalori kehilangan berat badan dan meningkatkan kebugaran kardiorespirasi terlepas dari panjang atau intensitas latihan mereka.

Studi lain yang diterbitkan di JAMA menunjukkan bahwa tidak pernah ada kata terlambat untuk memetik manfaat dari aktivitas fisik. Wanita yang tidak aktif 65 tahun dan lebih tua yang mulai berjalan satu mil sehari memangkas tingkat kematian mereka dari semua penyebab sebesar 50%.

Resistensi atau Perlawanan

Jika Olah Raga sangat baik untuk kita, mengapa orang tidak melakukannya?

Sekitar 64% pria dan 72% wanita tidak dapat melakukan aktivitas setiap hari, menurut data dari National Heath Survei. Orang Amerika sekarang tidak lebih aktif daripada satu dekade yang lalu.

American College of Sports Medicine merekomendasikan kombinasi latihan aerobik (jenis yang membuat Anda bernapas lebih keras, seperti berjalan atau joging) untuk pengkondisian kardiovaskular; latihan kekuatan (seperti mengangkat beban atau senam) untuk toning otot, dan peregangan untuk meningkatkan jangkauan gerak Anda.

Berusahalah untuk melakukan ketiga jenis ini, tetapi ingatlah bahwa latihan apa pun lebih baik daripada tidak sama sekali.

Berikut ini beberapa cara mudah untuk melakukan aktivitas fisik dalam hidup Anda:

  • Mengadopsi seekor anjing dan membawanya untuk jalan-jalan setiap hari.
  • Lakukan hal-hal dengan cara lama – bangun dan ubah saluran televisi; buka pintu garasi secara manual; gunakan mesin pemotong rumput dorong.
  • Ambil tangga alih-alih lift.
  • Berjalan dengan cepat kapan pun Anda bisa.
  • Minimalkan penggunaan mobil Anda; berjalan ke tujuan dalam jarak satu mil.
  • Ikuti tenis atau permainan atau olahraga apa pun yang Anda sukai.
  • Bergabunglah dengan pusat kebugaran atau klub kesehatan.

Lain kali Anda tergoda untuk tidak berolahraga, tetapkan manfaat kesehatan yang indah ini dalam pikiran dan ingatlah, setiap hal kecil sangat membantu. Anda mungkin tidak perlu latihan yang ketat, tetapi bagaimana jika hanya berjalan-jalan di lingkungan rumah?

Jangan melewatkan kesempatan seumur hidup – yaitu, yang lebih lama dan lebih sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.